Efek Samping Bekam

Posted by Kang Syukur 9 komentar
Efek Samping Bekam
Proses Bekam
Efek samping bekam bisa ditemui pada pasien yang telah melakukan terapi bekam. Jadi sangat berlebihan dan sangat tendensius jika bekam tidak mempunyai efek samping, meskipun efek sampingnya itu bersifat sementara. Saya membaca beberapa artikel tentang bekam dan mendengarkan perkataan para terapis-terapis bekam yang mengatakan dengan PD-nya bahwa bekam tidak menimbulkan efek samping, meskipun manfaat bekam jauh lebih besar. Pertanyaan saya, bagaimana mungkin bekam tidak ada efek samping padahal bekam merupakan sebuah metode pengobatan yang jelas-jelas pasti ada kelemahannya. Ingatlah, tidak ada satu metode pengobatanpun di dunia ini yang sempurna. Sifat kesempurnaan hanya milik Allah Taala. Saya tidak menuduh, ada apa dibalik perkataan bahwa bekam tidak ada efek sampingnya, apalagi mereka melakukannya dengan sembarangan. Saya sebagai pelaku atau penterapis bekam yang sudah sekian lama menjalani praktek bekam menyadari bahwa bekam bukanlah sebuah metode pengobatan yang sempurna. Maka perlu adanya penggunaan metode pengobatan yang lain untuk meminimalisir efek samping dari bekam. Kenapa bisa bekam ada efek sampingnya? Ada beberapa alasan yang bisa saya sebutkan disini. Diantara penyebab bekam mempunyai efek samping adalah:
  1. Kita harus mengakui bahwa bekam bukanlah metode yang sempurna atau tidak mempunyai kelemahan dari berbagai aspek karena memang terbatasnya bekam dalam mengobati penyakit.
  2. Kesalahan para terapis bekam dalam menempatkan metode bekam terhadap berbagai aspek kondisi pasien. 
  3. Penggunaan peralatan bekam secara ceroboh yang artinya tidak memperhatikan kebersihan peralatan dan ceroboh dalam penempatan peralatan pada tubuh pasien. Artinya tidak mempertimbangkan kondisi tubuh yang lemas atau terlalu kuat, lapar, terlalu kenyang dan sebagainya. Selain itu, tempat-tempat di tubuh pasien yang dilarang dibekam malah dibekam.
  4. Sikap penterapis yang acuh tak acuh terhadap serangan penyakit/ penularan penyakit dari pasien maupun lingkungan ruangan terapi bekam dimana para terapis tidak menggunakan alat pengaman penularan penyakit seperti: masker, sarung tangan dan sebagainya.
  5. Sikap pasien yang tidak mengikuti aturan dan standar pelayanan yang diterapkan tempat bekam  yang biasanya sudah didasarkan keilmuan.

Kemudian apa saja efek samping yang kemungkinan terjadi jika terapi bekam sebagaimana gambaran diatas. Ada beberapa efek samping yang coba saya sebutkan disini, diantaranya adalah:
  1. Penularan penyakit dari pasien kepada terapis yang diindikasikan dengan rasa gatal, panas, lemas setelah membekam pasien.
  2. Kondisi pasien bisa menjadi lebih lemas dari sebelumnya dan hal tersebut banyak sekali keluhan dari para mantan pasien bekam.
  3. Timbul berbagai luka yang mengarah kepada stagnasi darah pada permukaan kulit dan bisa terjadi bisul, luka bakar, dan beberapa kondisi lainnya.
  4. Rentannya luka bekas bekam terhadap serangan patogen luar, dsb

Bagaimana solusi untuk meminamilisir bahkan untuk menghilangkan efek samping dari bekam. Berikut yang bisa saya sampaikan:
  1. Kombinasikan metode bekam dengan metode pengobatan yang lain.
  2. Pergunakanlah alat-alat yang sesuai dengan standar kesehatan dan kombinasikanlah bahan bekam yang alami seperti zaitun, VCO dll dengan bahan antiseptic yang sudah dikenal dalam medis.
  3. Selalu untuk terus belajar dan belajar agar lebih mahir sehingga akan bijak dalam  penempatan metode bekam yang ampuh terhadap kasus-kasus/ penyakit pasien dan tidak gegabah dalam mengambil tindakan terapi.
  4. Selalu menjaga diri dan lingkungan sekitar perawatan bekam.
  5. Tegas dalam menjalankan SOP teknik-teknik bekam.
Kesimpulannya yang lain Bisnis Bekam sarankan kepada terapis atau calon terapis untuk mengikuti Pelatihan bekam Full

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Efek Samping Bekam
Ditulis oleh Kang Syukur
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.bisnisbekam.com/2013/02/efek-samping-bekam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Itu sih namanya bukan efek samping tapi bekamnya saja yang kurang baik..

Anonim mengatakan...

Setujuuuuuuu......
klo bekam ada efek samping, berarti antum meragukan rosululoh... yg patut diperhatikan agar kt lbh hati2, dan melakukan sesuai sunnah rasul... wallahu'alam

Kang Syukur mengatakan...

Mohon maaf buat Anonim, pada kalimat mana saya meragukan Rosulullah? Kalau saudara sudah sering melakukan terapi bekam kepada pasien pasti akan menemukan kasus yang berbeda-beda kepada pasien. Bahkan sampai terjadi yang tidak kita inginkan.. Tapi yang namanya terapi apapun itu tidak ada yang sempurna. bukan berarti Rosulullah tidak sempurna hanya gara-gara bekam yang dilakukan tidak sesuai harapan.

Anonim mengatakan...

mohon maaf kang syukur, memang kalo pemilihan judulnya kurang tepat. bekam adalah sebuah metode pengobatan ilahi yang diwahyukan kepada Rosululloh untuk umatnya. jadi apa-apa yang datang dari Alloh pasti sempurna. yang tidak sempurna adalah yang menjalankan perintah tadi. jadi kadar baik dan tidaknya bekam sesuai dengan tingkat ilmu dan pengalaman penterapisnya. jadi bukan efek bekamnya tapi efek tindakan bekam penterapis yang kurang sesuai prosedure atau kurangnya keilmuan tentang bekam dan dunia pengobatan. sebagaimana dulu rosul didatangi seorang yang saudaranya kena penyakit perut, rosul memerintahkan minum madu, sampai orang ini datang 3x kepada rosul dan mengatakan belum sembuh, maka rosul mengatakan perut saudaramu yang salah. dan rosul tidak mengatakan madunya yang salah. jadi bukan madu yang salah tapi cara penggunaan madunya tidak tepat oleh orang yang datang kepada rosul untuk saudaranya. begitu juga bekamnya tidak salah dan tidak ada efek samping, yang salah dan memiliki efek samping adalah penerapan bekam yang kurang dalam keilmuan atau kurang pengalaman. tulisan kang syukur materinya bagus, cuma bisa diganti judulnya saja daripada timbul persepsi lain atas tulisan ini. yang seakan-akan tidak percaya atas kesempurnaan wahyu bekam. dan itu bukan tujuan tulisan kang syukur. mohon maaf bila ada kata yang salah...

Kang Syukur mengatakan...

Terima kasih atas masukannya... Efek samping bekam jika tidak dilakukan dengan benar.

penimba ilmu mengatakan...

alhamdulillah .. sukron .. u/antum berdua, kang syukur yg legowo meralat tentang " efek samping bekam" .. mmg efek samping, terjadi bukan metode bekamnya, lbh kpd cara masing2 terapis menerapkannya.

Anonim mengatakan...

saya juga baru bekam 5 hari yg lalu, sehabis bekam sampai sekarang badan malah pegal2, gampang lemas, capek. prakteknya kurang profesional.
mestinya pemerintah membuat starndar perizinan praktek bekam

Kang Syukur mengatakan...

Usulan yang bagus, jika bisa dilakukan standarisasi bekam. Tapi sayang, dari para praktisi bekam sendiri masih ribut dan ramai bekam dialah yang paling baik. Sehingga susah untuk dilakukan standarisasi bekam. Maka wajar, jika pemerintah enggan melakukan standarisasi. Berbeda dengan akupuntur yang sudah ada bandan standarisasi nasional..

Bunda Firzha mengatakan...

pernah pengalaman teman saya yang pernah ikut terapi bekam,benar yang di katakan oleh Anonim,caranya yang tidak profesioanl,teman saya itu setelah berbekam,mata kirinya seperti selalu mau berkedip-kedip,.. barangkali teknik bekam harus di standarkan oleh pemerintah

Poskan Komentar

Tutorial SEO dan Blog Original design by Bamz | Copyright of Bisnis Bekam.